Jantung Bocor

Jantung bocor merupakan suatu kondisi dimana terdapat lubang jantung pda sekat jantung akibat kelainan struktur jantung. Umumnya, jantung bocor adalah penyakit bawaan dari lahir  yang banyak di derita bayi, namun tidak terdeteksi secara cepat. Jantung bocor diketahui ketika bayi berumur beberapa minggu atau bulan dengan ditandai suatu gejala yang sederhana seperti kesulitan bernapas, naik turunnya ronga dada pada bayi.

Jantung Bocor

Jantung Bocor

Proses terjadinya jantung bocor bisa terjadi sejak masa pembuahan pada wanita yang akan hamil. Proses pembentukan jantung janin terjadi pada masa awal pembuahan (konsepsi), bahkan sebelum si ibu sadar dirinya tengah hamil. Formasi jantung ini telah sempurna pada akhir masa trimester pertama kehamilan. Namun, tidak demikian halnya pada bayi yang mengalami jantung bocor.

Beberapa gejala jantung bocor bisa dilihat dari kondisi seperti : mudah lelah, nafas pendek, sering batuk, khususnya di malam hari; dada berdebar kencang, buang air kecil terlalu sering, sering merasa sakit di dada, sesak nafas, mudah pingsan, dan sering pusing.

Sedangkan gejala penyakit jantung bocor pada bayi dapat dicurigai apabila bayi tersebut gampang sakit, berat badannya tidak naik-naik, susah minum susu, atau gampang kelelahan.

Penyebab Penyakit Jantung Bocor tidak diketahui secara pasti, namun hal berikut bisa berisiko bayi terkena penyakit jantung bocor bawaan karena ibu menderita hipertensi, terkena sinar rontgen, ataupun polusi zat kimia, menderita sakit campak, ibu merokok / terkena polusi asap rokok pada awal-awal kehamilan.

Adapun gejala lainnya dari jantung bocor adalah :

  • Napas cepat dan sulit makan serta minum.
  • Berat badan sulit untuk naik
  • Infeksi paru yang seringkali berulang
  • Sianosis (dimana bibir, kulit, dan kuku menjadi berwarna biru pucat).
  • Tidak dapat melakukan aktivitas / berolahraga dengan baik seperti pada umumnya.

Pada kasus jantung bocor, sirkulasi darah kotor mengalir ke sirkulasi darah bersih sehingga bayi menjadi biru. Bila terlalu banyak darah kotor beredar ke sirkulasi darah bersih dan memasuki organ-organ penting seperti otak, maka bisa terjadi sesak napas, disertai kejang, bahkan kematian.

Penanganan yang bisa dilakukan pada penyakit jantung bocor khususnya untuk bayi adalah setelah proses persalinan, maka biasanya orantua dibantu dengan dokter atau jug dengan bidan dalam melakukan pemeriksaan pada keadaan bayi mereka. Disaat bayi beberapa menit setelah dilahirkan berwarna biru harus ada hal yang diperiksa lebih lanjut. Kemudian segera berikan oksigen murni di dalam tekanan yang tinggi dan lihat kemudian apakah birunya menghilang atau tidak. Jika warna biru pada badannya hilang hal ini  mungkin disebabkan bukan karena penyakit jantung bawaan atau penyakit jantunug bocor. Mungkin karena adanya suatu kelainan yang terjadi pada paru namun jika bayi tetap biru kemungkinan adanya suatu masalah penyakit jantung bocor yang serius dan kritis. Ketika terdapat suatu bentuk kerucrigaan yang harus Anda lihat adalah apakah Penyakit jantung bocor ini biru atau tidak. Gejala biru yang muncul misalnya disekitar gusi, laktosa mulut dan juga dibawah idah gusi bukan disekitar mulutnya.

Dan sementara untuk jenis penyakit jantung bocor tidak biru biasanya gejala yang muncul pada bayi adalah bayi akan mengalami suatu gangguan pada saat akan menyusu pada ibunya. Bayi yang mengalami penyakit jantung bocor biasanya saat menyusu akan sering berhenti karena masalah sesak nafas akibat gejala dari jantung bocor dan bayi tidak bisa dengan baik mengisap puting susu ibu karena masalah pada jantung mereka bahkan berat badan mereka juga terbilang tidak bagis dan gagal untuk tumbuh karena mengalami kurang gizi.

Lalu, penanganan apa yang bisa dilakukan? Bawalah ke tim medis, dan  sebaiknya segera rujuklah kerumah sakit. Karena setiap penyakit jantung mempunyai gejala yang berbeda-beda dan mempunyai pengobatan yang berbeda juga. Ada yang bisa dibiarkan terlbih dahulu dengan cara memberikan obat dan kemudian jantung dengan sendirinya akan bisa menutup, dan ada juga yang harus melalui operasi. Namun penanganan awal yang bisa dilakukan adalah bertujuan untuk mencegah terjadinya keparahan kondisi kesehatan anak Anda hingga menyebabkan resiko terjadinya kematian. Jika kondisi memungkinkan untuk langsung di rujuk penuju ke pusat pelayahan jantuung yang bisa dijangkau.  Biasanya dilakukan dengan pemeriksaan ekokardiografi apakah ada suatu kelainan atau tidak pada jantung bayi Anda. Berusaha dengan melakukan apa saja untuk anak agar mereka bisa sembuh dengan maksimal, karena sebagian besar dari penyakit jantung bocor saat ini belum diketahui apa obatnya. Yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan operasi pemasangan dari ballon dan juga pemasangan ring pada duktus arterinosus. Jika anak Anda mengalami jantung bocor, maka bisa ditutup dengan menggunakan alat kateter atau lubang sekat diantara buluk atau juga pada serambi jantung. Namun, selain itu yang palung penting adalah bersabar, tetap berusaha dan berserah diri kepada Tuhan YME.

Jantung Bocor


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Jantung Bocor dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Jantung Bocor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>