Jantung Bocor Bawaan

Penyakit Jantung Bocor bawaan merupakan suatu kelainan yang ada di jantung yang dapat menyebabkan adanya lubang yang adanya di jantung, dan banyak penderitanya adalah anak-anak dan bayi. Dari beberapa penelitian dapat di perkirakan bahwa dari 1.000 kelahiran, maka akan terdapat 9 bayi yang akan menderita penyakit jantung bawaan yang dapat di perkirakan dalam masa depan jumlah penderitanya akan terus bertambah banyak.

Sebenarnya faktor terbesar dari penyebab jantung bocor adalah karena bawaan dari lahir dalam arti seorang penderita telah terjangkit jantung bocor pada saat dalam kandungan sang ibu. Penyebab terbanyak dari jantung bocor adalah timbul dari sang ibu yang memiliki kelainan pada penyakit ini.

 Jantung Bocor Bawaan

Jantung Bocor Bawaan

Jantung bocor bawaan merupakan jenis penyakit yang cukup banyak diderita. Menurut hasil penelitian,10 dari 1000 bayi yang dilahirkan kemungkinan memiliki penyakit jantung bocor bawaan. Jenis kelainan pada penyakit jantung bocor bawaan sangat bervariasi,ada yang hanya menyebabkan gangguan ringan pada fungsi jantung tetapi ada juga kelainan yang cukup fatal hingga mengganggu fungsi kerja jantung. Dimana fungsi jantung adalah mendistribusikan darah ke seluruh tubuh.

Gejala Penyakit Jantung Bawaan

  • Hemoglobin tinggi (lebih dari 20) sedangkan normalnya 14
  • Ujung-ujung kuku,lidah,dan bibir berwarna biru
  • Mudah tertular penyakit
  • Berat badan tidaknaik-naik karena sering sakit
  • Bayi sulit menyusu dan rewel

Penyebab Penyakit Jantung Bawaan

Menurut penelitian penyebab penyakit jantung bawaan adalah mutasi genetik, faktor lingkungan, infeksi saat kehamilan, keracunan. Meskipun begitu banyak beberapa kelainan jantung bawaan yang tidak diketahui pasti.

Jenis-Jenis Kelainan Jantung

  • Sekat Bilik Jantung Berlubang (Ventracular Septal Defect/VSD)
    Kelainan jantung yang berupa lubang pada sekat antar bilik jantung yang menyebabkan kebocoran aliran darah pada bilik kiri dan kanan jantung. Gejala utama kelainan ini adalah kesulitan menyusui, gangguan pertumbuhan, nafas pendek dan mudah lelah.
  • Penyempitan Katup Paru (Pulmonary Stenosis/PS)
    Kelainan jantung yang merupakan penyempitan katup paru yang berfungsi untuk mengatur aliran darah rendah oksigen dari bilik kanan jantung ke paru-paru.
  • Sekat Serambi Jantung Berlubang (Atrial Septal Defect/ASD)
    Kelainan jantung yang merupakan lubang di antara dua serambi jantung.
  • Tetralogi Fallot (Tetralogy of Falot/TOF)

Komplikasi kelainan jantung bawaan yang khas dan melibatkan beberapa kondisi diantaranya :

  • Bilik kanan jantung membesar (hipertrofi)
  • Sekat bilik jantung berlubang (VSD)
  • Penyempitan katup paru (PS)
  • Akar aorta tepat berada di atas lubang (VSD)

Kejadian untuk penyakit jantung bocor bawaan untuk kasus yang kritis kejadianya tidak bisa dipastikan karena data yang dilaporkan antara 1 dan 100 bayi yang lahir menderita penyakit jantung bocor bawaan yang jika misalnya di asumsikan ada sekitar 5 juta bayi dalam 1 tahun maka ada 50 ribu bayi yang menderita masalah jantung bocor ini. Dan sekitar sepertiganya menunjukkan beberapa gejala yang berbeda-beda mulai dari yang paling ringan sampai kasus yang paling berat sekalipun yang bisa menyebabkan keadaan semakin kritis pada awal minggu pertama bayi lahir.

Biaya pengobatan dari penyakit jantung bocor ini terbilang cukup mahal, karena dihitung dari biaya operasi yang memerlukan puluhan juta rupiah sampai mencapai ratusan juta rupiah. Semua tergantung dari jenis penyakit jantung bocornya. Dan yang membuat semakin kaget adalah untuk mereka yang mempunyai keterbatasan dalam hal ekonomi. Anak Anda tetap harus Anda bawa untuk mendapatkan pengobatan, dan ada juga pengobatan alternatif yang biayanya tidak semahal dengan pengobatan medis.

Penyakit jantung bocor sangat membawa potensi besar untuk mengalami kematian pada anak sebelum usia mereka genap mencapai 1 tahun, jika gejala tidak segera diketahui dan tidak melakukan tindakan yang tepat, maka nyawa menjadi taruhannya. Biasanya penyakit jantung bocor ini akan terjadi pada usia beberapa jam setelah bayi lahir, yang kemudian membutuhkan itervensi yang segera dalam bentuk pemberian obat-obatan atau juga melakukan tindakan intervensi yang tepat dalam pemasangan balon, pen atau juga melakukan operasi yang bisa membantu untuk menyelamatkan anak. Jika hal ini tidak dilakukan dengan baik, maka resikonya adalah kematian.

Kondisi buruk yang terjadi pada penyakit jantung bocor adalah sirkulasi yang sangat bergantung pada Ductus Arteriosus dimana menutup dengan cara  yang spontan pada proses kehamilan mereka. Dan sekedar informasi saja bahwa duktus arteriosis merupakan suatu pembuluh darah yang bisa membantu menghubungkan aorta atau pembuluh darteri yang besar menyangkit darah menuju ke seluruh tubuh dengan menggunakan arteri pulmonalis atau arteri yang bisa membawa darah menuju ke paru-paru, yang merupakan suatu bagian dari proses sirkulasi darah yang terjadi pada janin yang normal.

Namun, disaat proses persalinan terjadi, disaat bayi sudah mulai bernafas, duktus arteriosus kemudian akan menutup karena darah harus mengalir menuju ke paru-paru agar mengandung dan mengasup banyak oksigen. Pada sekitar 95% bayi yang baru lahir, penutupan dari duktus yang terjadi dalam sekitar wakitu 48-72 jam.

 Jantung Bocor Bawaan


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Jantung Bocor dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Jantung Bocor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>